Manfaat Jamur Enoki Bagi Kesehatan

Manfaat Jamur Enoki Bagi Kesehatan – Jamur enoki termasuk dalam jamur pangan dengan tubuh buah hasil budidaya berbentuk panjang-panjang berwarna putih seperti tauge. Sehingga jamur ini juga sangat terkenal dengan sebutan jamur tauge, jamur musim dingin, atau jamur jarum emas.

Enoki di alam bebas 

Enokitake banyak tumbuh di Jepang ini tersedia di alam bebas atau terbuka, terutama pada musim-musim dengan udara sejuk seperti musim gugur hingga awal musim semi. Jamur ini juga bisa tumbuh di bawah salju. https://www.queenaantwerp.com/

Jamur ini tumbuh di permukaan batang pohon Celtis Sinensis (bahasa Jepang: Enoki) yang sudah melapuk, sehingga disebut Enokitake (jamur Enoki). Selain itu, jamur ini bisa tumbuh di permukaan batang kayu lapuk pohon-pohon berdaun lebar seperti Bebesaran dan Kesemek. Jamur ini sering dianggap sebagai hama untuk beberapa produk pertanian. Bentuk jamur nan ada di alam terbuka berdaun lebar dengan diameter kurang lebih 3 cm, berwarna coklat, dan merah muda dengan batang padat berisi dan pendek. https://www.queenaantwerp.com/

Manfaat Jamur Enoki Bagi Kesehatan

Budidaya Jamur Enoki

Jamur Enokitake hasil budidaya dapat dipanen sepanjang tahun. Tubuh buah jamur Enokitake hasil budidaya terlihat berbeda dari Enokitake yang tumbuh di alam bebas. Jamur dari hasil budidaya dilindungi dari sinar matahari sehingga berwarna putih, sedangkan jamur di alam bebas berwarna coklat hampir merah jambu. Jamur dari hasil budidaya juga memiliki batang yang panjang dan kurus-kurus, sedangkan jamur di alam bebas memiliki batang yang lebih pendek dan gemuk. Rasa jamur dari hasil budidaya juga sangat berbeda dengan jamur yang tumbuh di alam bebas.

Sejak zaman dahulu, jamur telah digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional Tiongkok. Misalnya jamur enoki, shiitake, dan maitake. Beberapa komunitas ilmiah juga kerap memfokuskan penelitian tentang manfaat jamur bagi kesehatan.

Salah satunya jamur enoki, yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Jamur yang berasal dari Jepang ini banyak tumbuh di seluruh dunia terutama saat musim dingin di bawah pohon konifer yang telah mati.

Jamur enoki merupakan jamur yang rendah kalori, mengandung protein, vitamin, mineral, asam lemak tak jenuh dan serat yang baik untuk tubuh. Sehingga mengonsumsi jamur enoki dapat merasakan manfaat jamur enoki bagi kesehatan seperti meningkatkan imunitas tubuh, mengontrol kolesterol, hingga mengurangi risiko kanker.

Berikut ini adalah manfaat dari jamur enoki bagi kesehatan, yaitu:

Nilai Gizi pada Jamur Enoki

Di balik manfaat jamur enoki bagi kesehatan, tentunya ada segudang nutrisi di dalamnya yang menjadi alasan jamur enoki punya manfaat untuk tubuh. Jamur enoki mengandung banyak vitamin, mineral, dan komponen lainnya. Beberapa vitamin yang terkandung dalam jamur enoki seperti Vitamin D, Folat, Pyridoxine, Asam Pantothenic, Thiamin, Riboflavin, dan Niacin.

Jamur enoki juga mengandung serat makanan seperti natrium dan kalium yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jamur enoki juga mengandung mineral seperti kalsium, mangan, tembaga, seng, selenium, fosfor, magnesium, dan zat besi.

Jamur enoki juga mengandung senyawa bioaktif seperti flammulin dan proflamin, yang fungsinya memiliki kekebalan dan melawan sel kanker terutama melanoma. Selain itu, adanya senyawa sesquiterpene yang memiliki efek sitotoksikā  yang berfungsi merusak terhadap sel kanker. Senyawa polisakarida yang terdapat pada jamur enoki juga memiliki manfaat untuk mengurangi risiko terkena kanker.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh dan Mengurangi Lemak Usus

1. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Jamur enok sangat kaya tiamin, niasin, kalium, riboflavin, asam pantotenat, kalsium, tembaga, besi, selenium, dan rendah kolesterol. ada juga asam amino valine, lisin, dan ergothioneine pada jamur enoki.

Seluruh kandungan gizi tersebut menjadikan jamur enoki telah lama digunakan dalam pengobatan tradisonal Cina dan Jepang seperti tonik untik infeksi hati, peningkatan kadar kolesterol, penyakit perut, dan hipertensi.

2. Bantu Mengurangi Lemak Usus

Jamur enoki terdiri dari asam linoleat yang bekerja untuk mengurangi lemak di usus . Hal ini dinyatakan untuk mengaktifkan protein yang berguna untuk menurunkan konsumsi lemak secara belebihan.

Dengan demikian, akan membantu kamu menurunkan lemak usus. Selain itu, memasukkan jamur enoki ke dalam konsumsi makan sehari-hari memungkinkan kamu untuk menurunkan lemak tubuh.

Mencegah Risiko Diabetes dan Jaga Kesehatan Pencernaan

3. Mencegah Risiko Diabetes

Jamur enoki mengandung serat yang sangat tinggi. Serat ini bermanfaat untuk membantu mencegah berbagai jenis penyakit kronis seperti diabetes tipe 2.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi makanan kaya serat seperti jamur enoki dapat membantu meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Dengan begitu tubuh akan membantu memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah yang membantu mengurangi risiko diabetes pada tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Berbagai penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi jamur enoki secara teratur dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu mencegah berbagai jenis penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

Menurut penelitian, hal ini dikarenakan jamur enoki mengandung anti-bakteri, anti-virus, dan anti-mikroba yang mampu melindungi organ pencernaan dari berbagai bakteri dan membunuh bakteri tidak sehat dari perut.

Kandungan serat dan vitamin B juga sangat tinggi dalam jamur enoki yang mampu meningkatkan produksi enzim pencernaan.

Menurunkan Tekanan Darah dan Mencegah Risiko Anemia

5. Menurunkan Tekanan Darah

Jamur enoki mengandung kalium yang cukup tinggi, berguna untuk membantu mengurangi tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Kalium akan bekerja sebagai vasodilator, yang mampu mengurangi ketegangan pembuluh darah dan memberikan aliran darah yang lancar melalui arteri sehingga membantu menurunkan tekanan darah tubuh dan mencegah berbagai masalah kesehatan kardiovaskular seperti hipertensi.

6. Mencegah Risiko Anemia

Anemia merupakan penyakit kekurangan besi. Untuk mencukupi kebutuhan zat besi pada tubuh, kamu bisa mengonsumsi jamur enoki yang dapat membantu meningkatkan zat besi dalam tubuh sehingga mengurangi risiko anemia.

Meningkatkan Daya Ingat dan Mencegah Alergi

7. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat jamur enoki lainnya mampu mengolah kemajuan mental dan meningkatkan daya ingat. Hal ini dikarenakan jamur enoki mengandung sumber asam amino yang baik.

Jamur enoki sangat penting untuk mendukung kesejahteraan dan membentuk kecerdasan anak-anak. Sedangkan pada orang dewasa, jamur enoki baik untuk meningkatkan memori.

Manfaat Jamur Enoki Bagi Kesehatan 1

8. Mencegah Alergi

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi jamur enoki secara teratur sangat membantu dalam mencegah asma, rhinitis, dermatitis, dan reaksi alergi lainnya.

Oleh karena itu, kamu bisa menambahkan jamur enoki dalam menu makan harian untuk merasakan manfaat jamur enoki bagi kesehatan terhadap alergi ini.

Menurunkan Kadar Kolesterol dan Cegah Kanker

9. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat jamur enoki bagi kesehatan lainnya dapat menurunkan kolesterol, karena adanya serat makanan di dalamnya. Serat pada jamur enoki dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat seperti kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam tubuh guna mendukung kesehatan kardiovaskular.

10. Mencegah Kanker dan Tumor

Jamur enoki kaya akan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan dan dapat membantu mencegah berbagai jenis kanker. Antioksidan pada jamur enoki akan bekerja memerangi radikal bebas dan mencegahnya melakukan kerusakan oksidatif pada sel-sel sehat di tubuh.

Seperti diketahui bahwa, radikal bebas merupakan penyebab utama munculnya jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker prostat, dan lain sebagainya.