Tips Merawat Rambut Saat Traveling – Apakah Anda berharap bisa pergi backpacking tanpa berakhir dengan kulit kembala dan rambut yang tidak lepek setelah berlibur di pantai selama bermingu-minggu lamanya ataupun sedang menaiki gunung dimana kamu tidak keramas lamanya?

Perubahan cuaca saat kita sedang traveling dapat menyebabkan berberapa masalah kulit misalnya kulit menjadi kering, sunburn atau breakout. Tetapi, tidak hanya kulit lho yang bisa mengalami masalah akibat pergantian cuaca, rambut pun bisa mengalami masalah. Nah, bagi kamu yang memiliki rencana traveling dalam waktu dekat, ini 6 hal yang harus kamu lakukan untuk memastikan kesehatan rambut tetap terjaga selama traveling! idn play

Ombak dan sorotan cahaya matahari adalah apa yang kita impikan saat kita pergi. Tetapi pertanyaannya adalah keadaan tersebut sebanding dengan kesehatan pada rambut Anda?

Beberapa pengalaman yang diberikan oleh sebagian penata rambut mengatakan bahwa mereka mendapatkan kliennya yang tidak akan menyisir rambutnya sepanjang musim panas, klien tersebut juga mengatakan bahwa mereka telah selesai berlibur dari wisata pantai dengan keadaan rambut yang tidak mendapatkan perawata ataupun mencucinya dalam mengatasi kerusakan paparan sinar matahari dan kandungan garam pada air laut.

Pada sebagian klien mereka juga mengatakan bahwa telah melakukan perawatan ekstra pada rambutnya walaupun mereka sedang berlibur. Hal ini menjadikan rambut mereka sangat sehat, tidak rusak, dan bervolume.

Jadi, pada pembahasan ini akan diberikan 6 tips mudah untuk kamu dapat membantu rambut Anda tetap sehat walaupun sedang berlibur saat musim panas. Walaupun masing-masing rambut sangatlah berbeda keadaannya, tetappi langkah berikut ini setidaknya menjadikan rambut sedikit lebih baik saat Anda sedang menikmati liburan.

1. Gosokkan minyak khusus rambut pilihanmu sebelum berlibur ke Pantai.

Dengan kamu melakukan hal ini akan memungkinkan kondisi rambut Anda menyerap minyak sehingga tidak akan membuat rambutmu memiliki ruang untuk menyerap air garam yang akan menjadikan rambutmu sangatlah kering.

Walaupun dengan menggunakan pelembap pada rambut yang cukup banyak seperti memberikan conditioner, ataupun memberikan vitamin khusus rambut sebaiknya lebih baik kamu menggunakan minyak zaitun ataupun minyak kelama alami langsung ke rambutmu. Jadi, saat kamu sudah selesai bermain di air pantai kamu hanya cukup membilas rambutmu hingga bersih dan minyak yang tadi akan membuat kondisi rambut Anda tetap lembap.

2. Jangan menggunakan produk sembarangan walaupun gratis

Secara umum, perlengkapan mandi gratis yang Anda dapatkan di dalm paket liburan Anda tidak akan menjadi yang terbaik untuk rambut Anda (yah, setidaknya di tempat-tempat yang memenuhi anggaran backpacker!).

Meskipun tidak masalah untuk menggunakannya sesekali, penting untuk tidak hanya mengandalkan ini. Masalahnya adalah Anda akan melakukan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan dengan mencuci dengan sampo yang menghilangkan semua minyak dari rambut Anda kemudian mengkondisikan dengan produk yang tidak secara efektif menggantikan minyak tersebut. Anda melakukannya beberapa kali berturut-turut, dengan matahari dan garam di antaranya, dan Anda mengatur rambut Anda untuk beberapa kerusakan serius.

Jika Anda benar-benar tidak punya apa-apa lagi untuk mencuci rambut dan putus asa, gunakan sedikit shampo pada akarnya dan biarkan dengan lembut membilas sisanya (Anda tidak ingin menyabuni sampo melalui pertengahan dan ujung rambut Anda). Hal tersebut dapat menjadikan kondisi rambut Anda lembut dan tidak akan kusut saat sedang di sisir.

3. Bawalah setidaknya satu produk perawatan rambut kesukaanmu

Kamu tidak perlu membawa semua perawatan rambut kamu saat sedang berlibur karena tentu saja akan merepotkanmu dan membuat tas traveling kamu menjadi sempit. Namun kamu tetap memerlukan membawa satu produk perawatan rambut yamnmg menjadi favorit kamu agar perlindungan rambutmu tetap terjaga dan sehat.

Untuk rambut yang sangat halus sepanjang bahu atau lebih pendek, sampo yang baik adalah yang paling penting. Beli yang memiliki basis protein dengan kelembapan ringan. Ini akan memperkuat rambut Anda dan memberi Anda volume ekstra, sambil memberikan hidrasi ringan agar rambut Anda tidak terlalu banyak tersimpul.

Untuk rambut lebih panjang, atau rambut cenderung kusut, gunakan masker / perawatan yang bagus yang bisa Anda pakai seminggu sekali untuk menambah kelembapan kembali ke rambut Anda.

Jika Anda tidak yakin, tanyakan kepada penata rambut lain kali Anda melewati salon untuk merekomendasikan satu produk yang paling menguntungkan bagi rambut Anda.

4. Sikat atau sisir secara teratur

Menyisir  rambut sepertinya tidak penting untuk kesehatan rambut, tetapi sebenarnya dapat menyebabkan banyak kerusakan jika Anda membiarkan rambut dalam kondisi berantakan.

Rambut kusut lebih rentan rusak karena simpul kasar kutikula dan membuat titik-titik lemah. Penting juga untuk menyisir dari kulit kepala hingga ujung untuk memastikan semua simpul kecil hilang. Anda bisa mulai dengan bagian bawah terlebih dahulu dan naik ke atas jika Anda memiliki banyak kusut untuk dilalui.

Jika Anda tidak ingin rambut Anda kusut dengan menyisir rambut kering, gunakan sisir bergigi jarang di kamar mandi atau Anda juga dapat menggunakan kondisioner atau masker rambut. Kemudian bilas dan keringkan seperti biasa.

5. Lindungi rambut Anda dari sinar matahari

Seperti halnya dengan kulit Anda, Anda perlu melindungi rambut dari sinar matahari agar tidak terlalu panas dan terbakar. Ya, itu mungkin.

Topi atau jilbab adalah rekomendasi nomor satu untung perlindungan rambut karena itu menciptakan penghalang antara rambut Anda dan matahari. Jika Anda tidak menyukai salah satu dari opsi-opsi itu, saya akan merekomendasikan untuk mendapatkan semprotan perlindungan UV dari merek tepercaya. Bonus poin lagi jika Anda bisa mendapatkan satu yang tidak akan merusak kehidupan laut ketika bilas ke laut.

6. Jika semuanya gagal, jangan takut untuk memotongnya

Jika rambut Anda menjadi mimpi buruk, itu mungkin tidak menjadi lebih baik. Rambut sudah mati bahkan sebelum keluar dari kulit kepala sehingga sementara Anda dapat melakukan banyak perbaikan dengan produk-produk hebat, tidak mungkin untuk sepenuhnya mengembalikan rambut yang siap rontok.

Semua orang pasti akan merasa ketakutan saat mendapatkan potongan rambut yang mengerikan. Orang yang mengalami potongan rambut akan membuat tampilan wajah mereka menjadi berbeda dari biasanya, sehingga saat mendapatkan potongan rambut yang diluar ekspetasi tentu saja membuat seseorang tersebut menjadi tidak pede.

Jika ini masalahnya, tanyakan kepada seseorang di resepsi akomodasi Anda apakah mereka dapat merekomendasikan penata gaya. Pilihan lain adalah bertanya-tanya di hostel. Anda mungkin menemui penata rambut yang membawa gunting mereka untuk mendapat uang saat bepergian. Karena Anda tidak berlari ke jadwal salong, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengomunikasikan apa yang Anda inginkan dan bahkan melalui beberapa foto dengannya.

Dan ketika memilih gaya – mungkin bukan waktu untuk mendapatkan tampilan yang tegang yang selalu Anda inginkan. Pertahankan serendah mungkin perawatan agar Anda tidak perlu menghabiskan hari-hari backpacker untuk menata rambut baru.

Nah itu tadi 6 hal yang kamu harus lakukan untuk memastikan kesehatan rambut terjaga selama kamu traveling. Jangan lupa ikuti tips diatas ya saat traveling!